Cara Mencerahkan Warna Kaos Yang Kusam

jemur kaos

Kadang sering merasa bosan bila harus terus menerus membeli kaos baru dan pada akibatnya numpuk di lemari. Kenapa kaos yang usang warnanya sering pudar di tambah bahan dari kaos yang sering jadi melar? Bisa jadi cara mencuci yang salah atau cara menyimpan kaos nya yang salah. Nah untuk menjadikan kaos terus berwarna cerah ada cara yang perlu dicoba, dan cara ini juga bisa di aplikasikan bagi kamu yang suka sablon kaos satuan.

Jangan Terlalu Sering Dicuci

Kaos bersihyang hanya digunakan selama 2-3 jam dan tidak terkena kotoran atau keringat, tidak perlu di cuci. Cara mencerahkan warna kaos yang tidak terlalu kotor hanya dengan di gantung dan angin-anginkan di luar.karena proses pembersihan dan pengeringan kaos mampu menurunkan kualitas bahan kaos tersebut.

Jangan Gunakan Detergen Murah

Deterjen murah terkadang memang akan menciptakan belanja bulanan menjadi lebih hemat. Tapi budget untuk belanja kaos akan semakin membengkak alasannya warna kaos akan menjadi cepat memudar dan kusam. gunakanlah pada jenis produk deterjen yang lebih berkualitas. Atau gunakanlah cara yang lebih natural caranya dengan sebelum mencuci kaos, rendamlah selama 10-15 menit di kolam yang berisi air yang sudah dicampur dengan 2 sendok makan cuka. Cuka ini akan berfungsi untuk membantu menahan warna kaos supaya tak gampang luntur dan kusam.

Memisahkan Cucian

Cara mencerahkan warna kaos yang kusam dengan memisahkan kaos yang berwarna dan kaos yang putih. Namun bukan itu saja yang harus diperhatikan. Sebenarnya ada 4 tipe yang harus diperhatikan saat memisahkan kaos, yakni :

  • Kaos yang berwarna putih
  • Kaos yang berwarna cerah seprti pink, kuning, dan warna pelangi lainnya
  • Kaos yang lembut menyerupai yang harus dicuci memakai tangan, contohnya, kaos dalam, lingerie sutera, bikini, dan
  • Kaos yang berwarna gelap menyerupai hitam, biru tua, serat coklat tua

Menggunakan MSG Yang Berfungsi Untuk Menghilangkan Noda

Noda kena darah, minyak, minuman, dan kuliner seringkali akan sulit di hilangkan dari kaos-kaos yang sering di pakai. Cara untuk menghapusnya yaitu dengan merendam kaos-kaos yang terkena noda tersebut di dalam air yang sudah di bubuhi dengan satu sendok teh MSG alias vetsin atau yang lebih di kenal dengan penyedap makanan. Setelah itu, cucilah memakai detergen seperti biasa.

Cara mencerahkan kaos berwarna juga mampu dengan mengikuti langkah-langkah berikut, kaos berwarna yang terkena noda rendamlah dengan air citrun tanpa di campur dengan deterjen kurang lebih selama 30 menit. Selain itu, mampu juga di rendam lebih lama bila memang noda belum juga hilang, Setelah itu mampu menggosok dengan tangan atau sikat sedikit pada bagian yang terkena noda. Penggunaan sikat tergantung dari bahan dan jenis kaos.