Pengelolaan Sampah Rumah Tangga

Tahukah Anda jika rata-rata sampah setiap harinya sebanyak 800 gram. Jika dihitung, berarti dalam satu tahun Anda menyumbangkan sampah sebanyak 292 kg.

Sampah sebanyak itu hanya dihasilkan oleh satu orang saja, jadi bayangkan jika semua orang menghasilkan rata-rata sampah setiap tahunnya sebanyak 292 kg. Pasti perlahan-lahan Bumi akan hanyut oleh lautan sampah.

Salah satu sampah terbesar yang dihasilkan adalah sampah rumah tangga yang dibuang di tempat sampah fiberglass.

Oleh sebab itu, diperlukan pengelolaan sampah demi mengurangi jumlahnya. Ada banyak alternatif yang bisa dilakukan, seperti dengan membuat sampah menjadi produk bernilai ekonomi atau bisa membuatnya menjadi produk/bahan yang tidak membahayakan lingkungan sekitar.

Pengelolaan sampah rumah tangga sebaiknya dilakukan dengan benar untuk menekan dampak negatif bagi orang maupun lingkungan sekitar.

Langkah yang bisa Anda lakukan pertama kali adalah memisahkan sampah berdasarkan jenis. Pada dasarnya sampah yang dihasilkan oleh rumah tangga beragam jenisnya, seperti sampah organik dan sampah anorganik.

Sebaiknya di rumah Anda menyediakan dua tempat sampah untuk menentukan bagaimana cara mendaur ulangnya. Sampah organik bisa Anda oleh menjadi pupuk kompos, sedangkan sampah anorganik bisa Anda jadikan sebagai produk kreatif.

Selama menentukan sampah organik dengan sampah anorganik Anda harus memperhatikan sampah mana yang berbahaya dan tidak. Dalam pemilihannya sebaiknya Anda memisahkan sebelum dibawa ke tempat daur ulang.

Petugas daur ulang sudah mengetahui cara terbaik untuk mendaur ulang sampah berbahaya tersebut agar tidak berdampak pada lingkungan. Sampah berbahaya seperti ini berupa barang-barang elektronik yang sudah tidak terpakai.

Dalam menerapkan tempat sampah untuk rumah tangga, sebaiknya Anda membudayakan diri dengan gaya hidup reduce, reuse, and recycle.

Sebaiknya Anda mulai sekarang membiasakan diri untuk mengurangi penggunaan plastik atau bahan-bahan yang susah terurai. Membiasakan perilaku ini bisa membuat Anda menyelamatkan lingkungan dan menjaga keharmonisan Bumi beserta isinya.

Jika sudah mulai membiasakan diri dengan mengelola sampah rumah tangga, maka Anda berperan besar dalam menyelamatkan lingkungan untuk keturunan selanjutnya. Sekian dari kami, selamat mencoba dan tetap jaga kebersihan.