Tempat Sampah Cinta Kota Malang Untuk Menjaga Kebersihan

Malang merupakan kota yang terkenal akan destinasi wisatanya, dimana setiap harinya selalu banyak wisatawan dari dalam maupun luar kota yang pergi mengunjungi kota Malang ini.

Seiring dengan banyaknya pengunjung, tentu semakin banyak pula sampah yang perlu dibersihkan dan beberapa tentu ada yang tercecer karena kesadaran masyarakat yang masih rendah.

Namun untuk mengatasi hal tersebut, kota Malang memiliki cara tersendiri untuk meningkatkan kesadaran masyarakat agar mau membuang sampah di tempatnya.

Salah satunya adalah dengan meletakkan tempat sampah fiberglass yang berbentuk cinta, dimana dengan bentuknya yang unik ini diharapkan masyarakat mau mencintai lingkungan agar tetap terjaga degan baik.

“Untuk saat ini seperti taman-taman aktif dulu, seperti alun-alun kota Malang, taman Trunojoyo dan taman Merjosari yang disediakan sampah cinta ini,” ujar Erik Setyo Santoso, selaku Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman.

Erik juga menyebutkan kalau saat ini masyarakat kurang begitu tertarik dengan model tempat sampah seperti biasanya, maka dari itu dibautlah tempat sampah yang berbentuk cinta ini.

Diharapkan setelah tempat sampah ini diletakkan di spot-spot yang tepat, membuat masyarakat mau mendekatinya dan mau membuang sampah ke dalamnya.

“Agar lebih membuat orang tertarik dengan keberadaannya sam, sehingga mereka mau membuang sampah ke dalam tempat sampah tersebut’” tambah Erik.

Selain fungsinya sebagai penampung sampah sebelum dibuang ke tempat pembuangan akhir, tong sampah ini juga memiliki fungsi untuk memperindah taman yang berada di kota Malang.

Setidaknya ada 3 jenis pembagian dari tempat sampah yang ada di kota Malang ini, yakni tempat sampah organik, tempat sampah anorganik dan juga tempat sampah limbah B3.

Hal ini juga banyak dikatakan oleh masyarakat saat baru diletakkannya tempat sampah tersebut ke taman, salah satunya adalah Berlania, siswi SMAN 1 Kota Malang kelas 12. Dirinya mengaku tertarik dengan model terbaru dari tempat sampah ini.

“Menarik, jadi taman tidak kotor dengan sampah. Mungkin tempat sampah ini akan membuat orang-orang rajin membuang sampah di tempatnya,” Kata Berlania.