Bacaan Tahlil, Apakah Itu?

Sebagai seorang muslim saya yakin anda sering sekali membaca tahlil, setiap hari lebih dari sekali.

Tapi apakah anda mengetahui apa itu tahlil? Apakah tahlil sama artinya dengan tahlilan? Di artikel ini kami akan coba untuk membahasnya.

Note: Jika anda ingin membaca surat yasin, silahkan klik link tersebut. Website yang khusus menyediakan konten al quran, terutama surah yasin.

Bacaan Tahlil, Apakah Itu?

Tahlil merupakan bahasa arab, jika didalam bahasa arab ditulisnya seperti ini: التهليل. Tahlil dalah kalimat tauhid, yaitu kalimat Laa ilaaha illa llah (dalam bahasa arab: لا إله إلا الله) artinya yaitu Tiada Tuhan selain Allah.

Kalimat tahlil adalah bagian dari kalimat syahadat yang termassuk kedalam 5 asas dasar rukun islam, yaitu 1. Syahadat 2. Shalat 3. Zakat 4. Puasa 5. Haji

Kalimat tahlil juga termasuk dzikir yang menurut syariat islam memiliki nilai terbesar dan paling utama. Kalimat ini dibaca oleh umat muslim setiap hari didalam shalatnya.

Selain kalimat tahlil, ada juga kalimat-kalimat dzikir lainnya, diantaranya yaitu:

– Tahmid (Alhamdulillah) artinya segala puji hanya bagi Allah, sebuah ekspresi rasa syukur kita kepada Allah SWT atas semua rezeki yang telah ia berikan kepada kita.

– Tasbih (Subhanallah) artinya Maha suci Allah, sebuah kalimat yang kita katakan ketika melihat sesuatu yang buruk terjadi.

– Takbir (Allahu Akbar) artinya Allah maha besar, sebuah kalimat yang orang muslim katakan ketika melihat kebesaran dan kekuasaan Allah SWT.

– Istighfar (Astagfirullohal ‘Adziim) artinya “Kami mohon ampun kepada Allah yang maha agung, kalimat yang seorang muslim katakan ketika menyadari ia telah melakukan khilaf dan kesalahan.

Ketika seseorang akan masuk kedalam agama islam, maka syarat nya yaitu mengakui dengan hati bahwa tidak ada tuhan yang wajid disembah selain Allah SWT, dan Nabi Muhammad adalah utusan Allah SWT. Lalu dikatakan dalam sebuah kalimat Asyhadu An Laa ilaaha Illa Llah Wa Asyhadu Anna Muhammadan Rasulullah. Setelah membaca dan meyakini dengan hati kalimat tauhid tersebut, maka ia adalah seorang muslim.

Apa arti Tahlilan?

Tahlil dan tahlilan dilihat dari katanya memiliki suku kata yang sama, bahkan secara bahasa pun artinya sama. Tapi secara praktek ternyata berbeda.

Tahlilan adalah ritual/upacara selamatan yang dilakukan sebagian umat Islam, kebanyakan di Indonesia dan kemungkinan di Malaysia, untuk memperingati dan mendoakan orang yang telah meninggal yang biasanya dilakukan pada hari pertama kematian hingga hari ketujuh, dan selanjutnya dilakukan pada hari ke-40, ke-100, kesatu tahun pertama, kedua, ketiga dan seterusnya. Ada pula yang melakukan tahlilan pada hari ke-1000. Salah satu kegiatannya yaitu membaca yasin. Sumber: Wikipedia)

Sampai disini artikel tentang tahlil. Mudah-mudahan bermanfaat bagi anda dan juga bagi kami. Jika menurut anda artikel ini bermanfaat, silahkan share artikel ini di media sosial.

Kebenaran datangnya dari Allah SWT, dan kesalahan datangnya dari kita. Mudah-mudahan kita dijauhkan dari kesalahan. Wallahu a’lam bishawab.

Sumber:
– https://id.wikipedia.org/wiki/Tahlil
– https://id.wikipedia.org/wiki/Tahlilan

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *