Tips Persiapan Sebelum Membangun Rumah yang Harus Anda Ketahui

Inilah Tips Persiapan Sebelum Membangun Rumah yang Harus Anda Ketahui. Rumah termasuk  dalam kebutuhan pokok untuk tempat tinggal, karena fungsinya seperti itu maka perlu persiapan terlebih dahulu untuk menjamin kenyamanan, bermanfaat untuk keluarga Anda, dan dapat ditinggali untuk jangka panjang.

Sebuah rumah biasanya mencerminkan pemiliknya, mulai dari depan hingga belakang bahkan peralatan yang ada di dalamnya. Untuk memenuhi keinginan tersebut ada baiknya Anda mencari informasi mengenai tips persiapan sebelum membangun rumah.

Berikut ini tips persiapannya secara umum:

Persiapkan Dana

Tips yang pertama adalah menyiapkan dana. Sebelum membangun rumah pasti sebelumnya Anda sudah menentukan berapa besar dana yang akan Anda alokasikan. Besaran dana akan menentukan luas dan kualitas material. Kulaitas rumah terbagi atas tiga: rumah sederhana, menengah dan mewah. Klasifikasi rumah tersebut umumnya memeiliki estimasi biaya yang berbeda.

Luasan menentukan ukuran rumah dan lantai yang akan terbangun. Jika tanah Anda cukup luas Anda dapat membangun rumah satu lantai, ada baiknya Anda sisakan sedikit tanah untuk membuat taman kecil guna relaksasi dan ruang hijau terbuka. Jika luas tanah Anda kecil Anda dapat membangun rumah dua lantai dengan mengefesiensikan ruangan yang ada.

Persiapkan Gambar Desain Rumah

Tips persiapan sebelum membangun rumah selanjutnya adalah persiapkan gambar desain rumah. Fungsi gambar desain rumah ini untuk alat komiunikasi Anda dengan mandor atau tukang. Umumnya gambar desain rumah adalah: denah ruangan, tampak rumah, potongan atau sekat per sekat dan lain-lain, gambar yang Anda ajukan akan merekajadikan acuan untuk membangun rumah impian Anda.

Selain untuk acuan membangun gambar desain rumah berfungsi juga untuk menentukan dana yang harus Anda keluarkan. Untuk menjamin kualitas, mutu dan keamanan rumah ada baiknya Anda memakai jasa arsitek. Lebih baik menambah dana sedikit untuk jasa arsitek dibanding resiko di kemudian hari.

Memilih Mandor Dan Tukang

Memilih mandor dan tukang adalah salah satu tips persiapan sebelum membangun rumah. Mandor dan tukang adalah salah satu penentu keberhasilan pembangunan rumah, mandor bertugas untuk mengatur dan menentukan strategi pembangunan, dan mandor harus menguasai teknik konstruksi, perumahan dan manajemen kerja tukang.

Sebelum memilih mandor dan tukang ada baiknya Anda mencari informasi dari teman, kerabat atau keluarga. Carilah mandor berpengalaman dan berperilaku baik. Setelah itu Anda diskusikan sistem pembangunan rumah dan dana yang harus dibayar. Umumnya biaya mandor dan tukang adalah: upah borongan dan upah harian.

Menentukan Spesifikasi Material

Tips persiapan sebelum membangun rumah selanjutnya adalah menentukan spesifikasi material. Pada tahap membuat gambar desain rumah yang akhirnya akan diserahkan pada mandor, Anda  harus berdiskusi dengan arsitek bahan apa yang akan Anda pakai untuk membangun rumah, Anda harus memperhatikan dana yang tersedia agar tidak terjadi pembengkakan yang menimbulkan kerugian bagi Anda.

Mencari Supplier Bahan Bangunan

Pada tahap ini ada baiknya Anda menyerahkan sepenuhnya tugas pada mandor dan tukang karena biasanya mereka sudah berpengalaman dan mengetahui harga yang ditawarkan. Anda cukup menyampaikan ulang pembicaraan Anda dengan arsitek dan memantau pekerjaan mereka.

Menentukan Jadwal dan Waktu Membangun

Tahap ini adalah tips sebelum membangun rumah yang terakhir, mengingat tahap dan tahap saling berkaitan datu sama lain dan akan menentukan kualitas.

Enam tips persiapan sebelum membangun rumah diatas dapat Anda pertimbangkan untuk membangun rumah. Tak lupa Anda juga harus mengurus Izin Membangun Rumah untuk memastikan status kepemilikan tanah. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda.