Kenapa Sertifikat ISO 9001 Penting Untuk Produk Anda

Pada saat anda berbelanja di pusat perbelanjaan biasanya anda akan bisa melihat ada begitu banyak produk yang bersaing untuk mendapatkan market yang sama. Saat ini ada banyak sekali perusahaan yang mencoba untuk melepaskan produk baru di pasaran. Perusahaan-perusahaan yang sebelumnya sudah mempunyai nama besar biasanya tidak akan bermasalah untuk memasarkan produk-produk mereka ini.

Hal itu dikarenakan mereka sudah mempunyai reputasi yang bisa mereka andalkan untuk memperkenalkan produk-produk baru ini. Berbeda dengan perusahaan-perusahaan yang belum mempunyai nama yang mencoba memasukkan produk mereka ke dalam pasar. Mereka masih harus memperkenalkan diri melalui serangkaian kegiatan promosi. Ada banyak sekali perusahaan yang mempersiapkan anggaran yang besar untuk melakukan kegiatan promosi ini.

Hari ini mereka lakukan karena masyarakat kita masih mempunyai pandangan bahwa suatu produk yang dikemas dengan baik dan dipromosikan secara besar-besaran tentunya akan mempunyai kualitas yang terjamin. Pandangan ini sebenarnya cukup masuk akal karena tidak mungkin perusahaan yang memproduksi barang tersebut akan melakukan promosi yang besar-besaran jikalau kualitas barang mereka tidak memenuhi standar.

Biaya promosi yang mereka keluarkan akan hangus begitu saja begitu masyarakat mengetahui bahwa produk mereka mempunyai kualitas yang buruk. Namun selain melalui serangkaian kegiatan promosi ini sebuah perusahaan juga berusaha mendapatkan sertifikat jaminan mutu untuk meyakinkan konsumen mereka bahwa produk yang mereka produksi sudah memenuhi standar internasional. Salah satu sertifikat yang paling banyak dicari oleh perusahaan-perusahaan yang yang sedang ingin memperkenalkan produk baru adalah sertifikat ISO 9001. Sertifikat ISO 9001 ini adalah sebuah sertifikat yang memberikan jaminan manajemen mutu atas suatu produk.

Inilah sertifikat yang paling terkait langsung dengan kepentingan konsumen. Oleh karena itu ada banyak sekali perusahaan yang memprioritaskan untuk mendapatkan sertifikat ini dibandingkan dengan sertifikat yang lainnya. Setiap perusahaan yang ingin mendapatkan sertifikat ISO 9001 ini harus mendaftarkan perusahaan mereka di lembaga sertifikasi ISO. Saat ini di indonesia sudah cukup banyak lembaga sertifikasi ISO yang bisa menerbitkan sertifikat ISO untuk perusahaan perusahaan ini. Hampir di setiap kota besar kita bisa menemukan lembaga sertifikasi ISO ini.

Jadi setiap perusahaan yang berharap bisa mendapatkan sertifikat ISO 9001 ini sebaiknya menggunakan lembaga sertifikat yang terdekat di kotanya. Lembaga sertifikasi ini akan mengirimkan seorang konsultan ISO untuk melakukan audit di perusahaan tersebut. Proses audit ini akan terbagi dalam dua tahap. Tahap pertama adalah tahap dimana auditor akan mengumpulkan data dari semua aspek produksi di dalam perusahaan tersebut. Hasil dari audit ini akan memberikan serangkaian rekomendasi jika diperlukan.

Seandainya perusahaan tersebut memerlukan rekomendasi maka akan ada tahap kedua dimana auditor akan kembali untuk melihat penerapan dari rekomendasi yang diberikan. Setelah semua rekomendasi yang diberikan dipenuhi oleh perusahaan tersebut maka lembaga ISO tersebut akan menerbitkan sertifikat ISO yang diajukan oleh perusahaan tersebut. Sertifikat ISO ini akan berlaku untuk 3 tahun ke depan.

Jadi setelah 3 tahun sertifikat ISO ini harus diperpanjang lagi. Hari ini bertujuan untuk memastikan terjadinya proses pengawasan yang berkesinambungan untuk perusahaan-perusahaan yang sudah memegang sertifikat ISO. Jika perusahaan-perusahaan ini tidak bisa menjaga konsistensi mereka dalam menerapkan standar mutu yang sudah ditetapkan maka bisa saja sertifikat ISO yang mereka dapatkan akan dicabut.

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *