Apa itu nama domain? Apakah penting untuk SEO website anda?

Saat ini ada banyak sekali orang yang membuat website baru. Setiap hari sudah tidak terhitung berapa website baru yang bermunculan di seluruh dunia. Tentunya anda menyadari bahwa setiap website ini mempunyai namanya masing-masing. Misalnya tokopedia.com, facebook.com, dll. Nama ini biasa kita sebut sebagai nama domain.

Bagi anda yang awan masalah website ini mungkin bertanya-tanya kenapa sebuah website memerlukan nama domain. Alasannya sederhana, yaitu untuk memudahkan anda dan pengguna website lainnya mengingat alamat suatu halaman. Sebenarnya alamat suatu website itu adalah angka-angka yang sangat banyak. Namun itu akan sangat sulit untuk diingat, jadi untuk memudahkan mengingat angka-angka ini dilekatkan lah sebuah nama domain.

Sekarang yang menjadi masalah adalah posisi nama domain di dalam optimasi website. Ada yang mengatakan nama domain ini penting dan ada juga yang mengatakan tidak penting. Hal ini mereka dapatkan dari pengalaman mereka masing-masing. Ada yang merasa nama domain membantu optimasi mereka, dan ada juga yang tidak. Kenapa bisa seperti itu?

Sederhana saja, hal itu dikarenakan setiap kata kunci berada di persaingan yang berbeda. Jika anda di persaingan ringan, maka mungkin nama domain masih akan terasa membantu. Namun jika anda sudah berada di persaingan berat, maka nama domain benar-benar tidak akan terasa membantu sama sekali.

Jadi jika anda berada di persaingan ringan, silahkan menggunakan kata kunci di dalam nama domain anda. Namun jika anda berada di persaingan berat, maka silahkan menggunakan nama brand anda sebagai nama domain dari website anda.

Untuk bisa menggunakan nama domain ini, maka anda harus mendaftarkannya terlebih dahulu ke sebuah layanan pendaftaran nama domain. Anda bisa mengunjungi website-website penyedia layanan web hosting yang biasa menyediakan layanan satu paket untuk pendaftaran nama domain anda.

Untuk melakukan ini anda bisa mengunjungi website penyedia nama domain murah indonesia seperti idcloudhost, rumahwebsite, domainesia, dsb. Jika anda merasa bingung karena baru pertama kali akan membuat website, maka anda bisa bertanya ke customer service dari masing-masing layanan melalui layanan live chat yang mereka sediakan. Anda pasti akan dilayani dengan sebaik-baiknya.

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *