APA YANG HARUS DILAKUKAN SETELAH MEMBELI DOMAIN DAN HOSTING?

Banyak pemula yang baru pertama kali membeli domain dan hosting kebingungan tentang apa yang harus mereka lakukan setelah membeli domain dan hosting. Sangat disayangkan jika anda sudah membeli domain dan hosting tetapi anda kebingungan harus melakukan apa, padahal harga domain dan hosting bisa dikatakan tidaklah murah sedangkan rancangan yang bagaimana tampilan website anda nantinya sudah ada di dalam kepala anda.

Mungkin anda bertanya-tanya… “Apa gunanya domain yang saya beli? Bagaimana cara masuk ke hosting? Bagaimana menginstal WordPress ke hosting saya” dan masih banyak lagi.

Jika anda merasa demikian, jangan khawatir, anda tidak sendirian. Berikut adalah tips-tips yang dapat membantu anda.

1. Periksa email
Saat anda mendaftar untuk membeli domain dan hosting, Anda memasukkan alamat email anda. Tujuan memasukkan alamat email ini adalah agar provider hosting Anda dapat menghubungi anda mengenai informasi-informasi tertentu. Jadi setelah anda membeli domain dan hosting, maka provider hosting anda akan mengirimkan akun domain, akun hosting dan akun client area. Meskipun setiap provider hosting Indonesia memiliki format yang berbeda-beda, tapi pasti anda akan mendapatkan tiga info tersebut. Dengan menggunakan tiga informasi tersebut, anda dapat masuk ke dalam domain panel dan hosting panel anda.

2. Login ke area klien
Langkah selanjutnya yang harus anda lakukan adalah masuk ke client area. Masuklah ke area client tempat anda membeli hosting dan domain. Di dalam client area, anda dapat melihat informasi administrasi billing. Di sini anda juga dapat menemukan panel untuk mengatur domain dan cPanel. Beberapa hal yang harus anda cermati antara lain Domain nameserver serta username dan password anda. Pastikan domain nameserver anda menuju ke IP address hosting anda dan gunakan username serta password anda untuk masuk ke cPanel.

3. Masuk ke cPanel anda
Setelah masuk ke cpanel hosting, Anda bisa mulai membuat website anda. Anda dapat membuat website dengan menggunakan auto installer seperti fantastico de lux, softaculous dan quickinstall. Di sini Anda juga dapat mengatur letak folder yang ada pada server, membuat email dengan custom domain dan lain-lain. Jika anda ingin menggunakan WordPress, maka anda dapat menginstalnya melalui auto installer di cpanel. Dengan panel-panel yang telah disediakan, Anda dapat membuat website dengan cepat dan mudah.

4. Siap online
Di tahapan ini anda sudah bisa mengonline kan website anda. Sembari belajar Anda dapat membaca berbagai jenis tutorial yang dapat menuntun anda untuk mendesain website sesuai dengan keinginan anda. Anda dapat menemukan berbagai macam tutorial pembuatan website yang bertebaran di internet.

Itulah beberapa langkah sederhana yang dapat anda lakukan setelah membeli domain dan hosting. Semoga artikel ini dapat membantu anda dalam memulai membuat website secara profesional.

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *