Ukuran lapangan basket serta sejarah olahraga yang satu ini

Ukuran lapangan basket serta sejarah olahraga yang satu ini termasuk jenis-jenis bola yang digunakan. Sebagai salah satu jenis olahraga yang cukup populer terutama di Amerika Serikat dan beberapa negara Eropa permainan basket telah menjadi magnet tersendiri terutama bagi para remaja.

Salah satu yang membuat permainan bola basket banyak digandrungi oleh para remaja adalah karena diyakini dapat meningkatkan tinggi badan. Bagi Anda yang senang bermain basket tentu ingin tahu lebih banyak seputar olahraga yang satu ini. Salah satu yang sering orang tanyakan adalah Berapa ukuran lapangan basket standar tersebut. Berikut kami sajikan ulasannya untuk anda:

Ukuran lapangan basket standar

  • Lapangan basket internasional setidaknya memiliki panjang 28 m dan lebar 15 m.
  • Untuk ukuran lapangan basket standar nasional lebarnya 15 meter dan panjang 28 meter.
  • Di lapangan basket setidaknya terdapat tiga lingkaran di mana masing-masing lingkaran memiliki ukuran yang sama baik di lapangan basket standar nasional maupun internasional
  • Salah peralatan yang wajib dalam lapangan basket adalah papan pantul. Papan pantul dalam permainan basket memiliki ukuran 1,8 m * 1,2 m pada bagian luar. Sedangkan untuk bagian dalam memiliki ukuran 0,59 M * 0,45 M.
  • Jarak lantai hingga ke bagian papan pantul setidaknya memiliki ukuran 2,9 meter.
  • Sedangkan untuk jarak papan pantul bagian bawah sampai ke ring bola basket sekitar 0,5 meter. Ukuran tersebut relatif sama baik lapangan basket standar nasional maupun internasional
  • Ukuran garis tengah lapangan basket standar nasional dan internasional memiliki panjang 1,8 m dan lebar 0,05 m.

Sejarah permainan basket

Sejarah bola basket di dunia dimulai dari saat pertama kali permainan ini ditemukan oleh Dr James Naismith pada tahun 1891. Akan tetapi di saat awal penemuannya permainan bola basket tidak dipermainkan seperti yang saat ini kita lihat. Termasuk juga peralatan yang digunakan.

Awalnya permainan bola basket hanya menggunakan bola sepak yang pada waktu itu dilemparkan ke keranjang buah persik. Jadi bisa dikatakan penemuan bola basket hanya sebagai permainan yang tidak serius. Akan tetapi 3 tahun kemudian akhirnya bola basket khusus telah dibuat. Dan setidaknya sampai saat ini tercatat bola basket yang pertama kali dibuat sudah 126 tahun.

Permainan bola basket awalnya dibuat oleh Naismith sebagai salah satu olahraga yang bisa dimainkan di dalam ruangan terutama saat musim dingin. Meskipun bola basket awalnya dimainkan di dalam ruangan akan tetapi permainan ini harus mencakup berbagai macam koordinasi tubuh termasuk melompat, kecepatan lari, koordinasi mata, dan tangan. Dan untuk memenuhi hal tersebut maka diciptakanlah bola khusus untuk permainan basket.

Bola Basket pertama kalinya dibuat yaitu pada tahun 1893 menggunakan sebuah kantong karet bulat yang bagian luarnya dilapisi kulit yang dijahit. Bola sederhana inilah yang nantinya akan berkembang menjadi bola basket yang saat ini kita ketahui.

Setelah itu Dr. Naismith mencoba membuat bola basket menjadi lebih baik lagi dengan meminta bantuan temannya yaitu Albert Goodwill Spalding. Perlu Anda ketahui bahwa Albert Goodwill Spalding merupakan seorang pendiri perusahaan yang memproduksi alat olahraga bisbol. Perusahaan ini pula yang telah membuat sarung tangan untuk pertandingan baseball pertama kalinya di tahun 1877. Perusahaan seperti juga diketahui membuat bola permainan American football untuk pertama kalinya di tahun 1887.

Akhirnya Spalding sepakat dengan permintaan Naismith dan membuat bola basket untuk pertama kalinya. Dan pada waktu itu Naismith juga membuat peraturan khusus bahwa standar bola yang nantinya digunakan dalam permainan basket harus sesuai standar yang dibuat oleh spalding.

Beberapa jenis bola basket

Seiring berjalannya waktu permainan bola basket semakin populer dan dimainkan oleh berbagai kalangan mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Oleh sebab itu variasi bola nya pun juga mulai berkembang. Ada banyak jenis bola dalam permainan basket beberapa pola tersebut diantaranya:

Bola basket ukuran 3

Bola basket ukuran ini dikhususkan untuk anak-anak ada permainan mini basket. Ukuran lingkar dari bola basket mini adalah 56 cm dan berat hanya 280 gram.

Bola basket ukuran 4

Bola basket ukuran 4 juga masih diperuntukkan bagi anak-anak terutama di usia 5 hingga 8 tahun. Bola ini memiliki lingkar 56 cm dengan berat 280 gram. Bola ukuran 4 bisa digunakan untuk laki-laki maupun perempuan.

Bola basket ukuran 5

Bola basket ukuran 5 memiliki lingkar 70 cm dengan berat rata-rata 490 gram. Bola basket ukuran 5 bisa dimainkan oleh anak-anak di usia 9 sampai 11 tahun baik laki-laki maupun perempuan.

Bola basket ukuran 6

Bola basket ukuran 6 memiliki lingkar 72 cm dengan berat rata-rata 570 gram. Bola jenis ini diperuntukkan bagi perempuan di atas usia 12 tahun dan menjadi standar bola untuk permainan basket di tingkat SMA atau perguruan tinggi. Bahkan bola basket ukuran 6 juga sering digunakan untuk pertandingan bola basket perempuan di tingkat Internasional.

Bola basket ukuran 7

Bola basket ukuran 7 adalah jenis bola yang diperuntukkan bagi laki-laki dewasa dengan usia di atas 15 tahun. Ukuran 6 memiliki lingkaran 75 cm dengan berat rata-rata 620 gram. Bola ini merupakan bola yang digunakan untuk pertandingan standar nasional maupun internasional bagi laki-laki dewasa.

Ukuran 3×3

Bola ukuran 3 secara khusus sebenarnya merupakan Jenis bola basket yang bisa dimakan baik laki-laki maupun perempuan. Bola jenis ini memiliki ukuran 72 cm dengan berat 620 gram.

Demikian tadi ulasan mengenai ukuran lapangan basket nasional dan internasional serta sejarah singkat olahraga yang satu ini yang mungkin masih belum Anda ketahui.

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *