Menakjubkan, Selebriti Ini Lafalkan Ijab Qobul dengan Bahasa Arab

Bagi umat Islam, Ijab qobul nikah adalah inti dari akad nikah. Bahkan lafal atau perwakilan ucapan ijab qobul merupakan rukun nikah. Jadi pernikahan tidak sah kecuali dengan adanya akad ijab qobul antara mempelai laki dengan wali wanita.

Di indonesia sendiri, ungkapan ijab qobul ada yang memakai bahasa indonesia tetapi juga banyak diantara masyarakat indonesia yang melafalkan akad nikah dengan ucapan ijab qobul bahasa arab.

Keduanya dibolehkan, bahkan lafal ijab qobul dalam bahasa arab terhitung sangat simpel dan mudah dihafal.

Bahkan ada beberapa artis di Indonesia yang melafalkan akad nikahnya dengan memakai bahasa arab. Selain karena mudah dihafalkan, sebagian artis itu mengucapkan akad nikah bahasa arab karena keiinginan dari mempelai wanita.

Berikut beberapa selebriti yang mengucapkan lafal ijab qobul dengan memakai bahasa arab,

1. Sonny Septian

Sonny septian resmi menikahi Fairuz Rafiq di jakarta selatan pada 21 Mei 2017.

Sebelum akad nikah terjadi antara kedua mempelai ini, pihak Fairuz Rafiq meminta Sonny agar melafalkan ijab dengan bahasa arab.

Hal ini disebabkan, keluarga Fairuz masih keturunan orang arab. Sehingga maklum bila mereka meminta Sonny melafalkan ijab dengan bahasa arab.

Awalnya sony sendiri kurang pede jika harus melafalkan bahasa arab, bahkan artis muda ini sempat tidak bisa tidur karena memikirkan hal itu.

Tetapi dengan tekad kuat darinya, akhirnya ia bisa melafalkan ijab dengan memakai bahasa arab.

2. Ben Kasyafani

Setelah bercerai dengan artis Marshanda, akhirnya Ben Kasyafani membuka lembaran baru nikahnya dengan Nesyana Nabila pada tahun 2016.

Dalam kad nikahnya, Ben melafalkan ijab dengan memakai bahasa arab. Ben mengaku sempat grogi sebelum akad nikah dilangsungkan.

Ia menyimpan dan menghafalkan lafal ijab qobul bahasa arab secara terus menerus. Ben juga rajin berpuasa sunnah sebelum melangsungkan akad nikah. Dan saat hari H datang, Ben dimudahkan untuk melafalkan akad nikah dengan bahasa arab.

3. Fedi Nuril

Artis yang melafalkan ijab qobul dengan bahasa arab selanjutnya adalah Fedi Nuril. Ia menikahi Vanny Widyasasti pada tahun 2016.

Fedi mengucapkan ijab qobul dengan bahasa arab ini atas kehendaknya sendiri. Ia hanya ingin mencontoh Nabi sebagaimana apa yang telah ia pelajari dalam buku-buku keislaman.

Melafalkan bahasa arab ini tidak terlalu sulit bagi seorang Fedi Nuril, sebab ia pernah menghafalkannya saat ia syuting dalam film ‘Ayat-ayat Cinta’ pada tahun 2008.

4. Rifqi Balweel

Tahun 2018 adalah tahun yang membahagiakan bagi Rifqi Balweel. Sebab pada tahun itu ia menikahi Biby Alraen, wanita keturunan Pakistan.

Rifqi mengadakan nikah di Masjid Darul Ilmi, Gedung PTIK, Jakarta Selatan.

Rifqi Balweel memutuskan untuk melafalkan akad nikah dengan bahasa arab atas permintaan dari mempelai perempuan.

Bagi Rifqi melafalkan ijab dengan bahasa arab tidaklah terlalu sulit, hal ini karena ia juga masih keturunan orang arab. Jadi tidak terlalu asing baginya untuk menghafal teks ijab qobul untuk nikah.

5. Reshwara Argya Ardinal

Nabila syakieb secara resmi dinikahi oleh Reswara Argya pada akhir tahun 2015. Pada prosesi ijab qobul, Reswara mengucapkan lafal ijab qobul dengan memakai bahasa arab.

Bahkan ucapan ijab qobul yang dilafalkan oleh Reswara ini hanya dalam sekali hela nafas.

Hal itu adalah tuntutan dari keluarga Nabila, sebab keluarganya masih mengalir darah arab.

Nabila sendiri sebenarnya sempat kurang pede jika calon suaminya itu harus memakai bahasa arab dalam akad nikah. sebab Reshwara bukan orang keturunan Arab.

Tetapi ternyata Reswara berhasil membuktikannya.

 

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *