doakan yang sakit

Doa Mustajab untuk Orang yang Sakit

Jumlah orang yang sakit karena corona covid 19 terus bertambah. Pertambahan ini tidak hanya di Indonesia saja, tetapi juga seluruh dunia.

Seperti dilansir dari situs worldometers.info pada juni 2020, bahwa virus ini telah menjangkiti 7 juta orang lebih di dunia. Dengan jumalh kematian 400ribu lebih di dunia.

Adapun di Indonesia sendiri, ada 30ribu lebih orang terkena covid 19, dengan pasien yang meninggal dunia sebanyak 1900 jiwa.

Kejadian yang menghebohkan dunia itu, bahkan diperparah dengan mengucilkan orang yang sakit bahwa orang-orang yang berusaha merawat yang sakit pun ikut dikucikan oleh sebagian masyarakat.

Padahal dalam Islam, saat ada saudara yang terkena sakit maka disunnahkan membantu mereka, meringankan beban mereka, dan menghiburnya sejauh kemampuan kita.

Andaikata tidak bisa menjenguk karena penyakit menular, maka minimal bantu mereka dengan doa atau ucapan hiburan melalui telfon atau hanya sekedar sms saja.

Banyak yang bisa kita lakukan hari ini, bahkan kepada orang yang memiliki penyakit menular dan bahaya sekalipun, karena bantuan teknologi sekarang.

Selain itu, doa menjadi senjata paling penting yang dimiliki manusia. Kedekatan seseorang kepada Tuhannya menjadi kunci kesabaran seseorang yang sakit.

Bahkan teladan sabar dan doa minta kesembuhan itu telah diajarkan langsung oleh Nabi Muhammad saw. Beliau mengajarkan bahwa bagi orang yang menjenguk mereka yang sakit, hendaknya mendoakan dengan doa berikut.

Allahumma robbannas adzhibil ba’sa fulan isyfiih antas syaafii, laa syifaa ilaa syifaauka syifaan laa yughodiru saqoomaa.

“Ya Allah Tuhannya manusia, hilangkanlah sakit si fulan, berikan kesembuhan karena Engkaulah yang Maha Menyembuhkan, tidak ada kesembuhan kecuali kesembuhan darimu, kesembuhan yang tidak meninggalkan bekas.”

Atau juga bisa dengan doa berikut ini, yang diajarkan Nabi di lain kesempatan

Asalullahal ‘adzim robbal ‘arsyil ‘adzim an yasyfiika (sebanyak 7x)

“Aku mohon kepada Allah yang Maha Besar, Tuhan Arsy agung, semoga Ia menyembuhkanmu.” Dibaca 17

Bahkan Ibnu Abbas menyebutkan bahwa barangsiapa mendoakan saudaranya dengan doa diatas sebanyak 7 kali, maka Allah swt akan menyembuhkan yang sakit dari penyakitnya itu.

Dan masih banyak doa-doa lainnya yang diajarkan Nabi saat kita menjenguk orang yang sakit. Bahkan doa orang yang sakit agar diberikan kesembuhan juga diajarkan di dalam Islam.

Untuk rujukan referensi doa yang paling lengkap, ada di dalam kitab al adzkar, karya Imam Nawawi asy syafii rahimahullah.

So jangan lupa terus berdoa ya….

https://www.pdfdrive.com/kitab-al-adzkar-1-e187514811.html

https://salikun.com/fadhoil-amal/doa-mohon-kesembuhan-penyakit/

 

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *