MEMBUAT KOALM RENANG INGROUND

Membangun kolam renang inground atau kolam renang dalam tanah membutuhkan teknik pembuatan yang lebih rumit dibandingkan pembuatan kolam renang yang berada di atas tanah. Artikel ini akan berusaja memberi Anda pemahaman singkat tentang kerumitan dalam pembuatan koloam renang inground.

Desain & Teknik

Seseorang biasanya mencari informasi mengenai kontraktor kolam renang yang baik melalui internet dan juga referensi dari mulut ke mulut dari orang-orang yang telah membangun kolam renang. Setelah menemukan beberapa referensi, anda dapat lanjut ketahap melakukan konsultasi. Melalui tahap konsultasi ini Anda dapat memperoleh informasi mengenai berapa biaya pembuatan kolam renang impian Anda. Di sini anda dapat memilih kontraktor yang memberikan desain dan penawaran terbaik untuk Anda. Setelah menjalin kerja sama resmi, maka proses pembuatan kolam renang anda akan berlanjut ke tahap perancangan struktur yang berkualifikasi. Jika dibutuhkan, kontraktor juga perlu mengajukan izin pembangunan. Setelah izin membangun diperoleh, barulah proses konstruksi akan dimulai.

Tata Letak & Penggalian

Fase Ini adalah salah satu fase paling menarik dari konstruksi kolam renang. Pada proses penentuan tata letak dan penggalian, kru akan melakukan proses pregrade. Pregrade adalah pembersihan dan penilian untuk lokasi kolam renang. Di tahap ini kru menyemprotkan cat pada tanah untuk menggambar bentuk dasar dari desain kolam. Pada tahapan inilah kontraktor kolam renang akan memasang tonggak perimeter kolam untuk membentuk struktur kolam. Ada banyak factor yang dapat mempengaruhi waktu penggalian kolam renang. Beberapa factor tersebut antara lain adalah kondisi tanah, kedalaman serta ukuran dari kolam tersebut. Pada umumnya rata-rata waktu penggalian kolam adalah sekitar 1 hingga 2 hari.

Pemasangan Pipa & Listrik

Setelah kolam digali, saatnya beralih ke tahapan pemasangan pipa ledeng dan listrik. Di sinilah kontraktor kolam renang akan menggali semua parit untuk pemasangan pipa dan saluran-saluran lain yang diperlukan untuk mengoperasikan berbagai fitur pada kolam renang Anda. Fitur-fitur itu antara lain adalah pemasangan saluran hisap dan balik, saluran fitur air, saluran vacuum cleaner, saluran pengisian, saluran tenaga surya dan saluran gas untuk pemanas kolam renang. Dalam kebanyakan kasus, ini akan memakan waktu 2-3 hari penyelesaian.

Pemasangan Baja

Fase pemasangan baja merupakan penambahan tulang yang akan memberikan bentuk akhir dari kolam. Kontraktor kolam renang akan “mengikat” baja menggunakan kawat penjepit dalam pola kisi yang telah ditentukan. Kru yang berpengalam biasanya hanya membutuhkan waktu kurang dari satu hari untuk menyelesaikan tahapan ini.

Itu dia beberapa hal mendasar dari pembuatan kolam renang inground. Mungkin terkesan sederhana, tetapi sebenarnya seluruh proses tahapan di atas membutuhkan keahlian dan pengalaman untuk menghasilkan kolam renang yang berkualitas.

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *