KEUNTUNGAN SISTEM APOTEK ONLINE

Internet telah terbukti dapat memberikan kemudahan bagi para konsumen untuk menemukan berbagai jenis produk, baik itu produk yang memiliki harga yang murah, atau pun produk-produk yang sulit ditemukan di pasar atau toko-toko konvensional.

Tidak ingin ketinggalan, apotek juga mulai menawarkan layanan jual beli obat secara online. Tentu saja layaknya toko online lainnya, konsumen harus bijak saat menggunakan jasa online dari apotek ini.

Dari sudut pandang konsumen, apotek online tentu saja menawarkan banyak keuntungan, utamanya bagi konsumen atau pasien yang harus tinggal di rumah dan sulit untuk keluar mencari obat, pilihan untuk memesan obat dari rumah dan menerimanya langsung di depan rumah anda tentu saja merupakan suatu kelebihan nyata dari apotek online.

Apotek online juga memudahkan konsumen atau pasien yang kesulitan mendapatkan obat tertentu di daerah tempat tinggalnya dengan dapat memesannya secara online daripada harus keliling kota dan tidak mendapatkan apa-apa.

Keluarga pasien yang mungkin terlalu sibuk untuk singgah di apotek mencari obat juga akan sangat tertolong dengan keberadaan apotek online ini. Apotek online juga memungkinkan anda membeli ragam jenis produk pribadi secara anonim.

Apotek, sebagai tempat jual beli obat yang berdampak langsung terhadap kesehatan masyarakat tentunya harus diatur secara khusus oleh BPOM. Pertanyaannya adalah, Apakah BPOM juga melakukan pengawasan khusus pada apotek online? Jawabnya adalah ya. Indonesia saat ini telah memiliki peraturan nomor 8 tahun 2020 tentang Pengawasan Obat dan Makanan secara Daring yang ditetapkan pada 9 April 2020 oleh BPOM.

Dalam peraturan nomor 8 tahun 2020 tentang Pengawasan Obat dan Makanan secara Daring ini diatur peredaran obat dan kosmetik secara online yang meliputi obat; obat tradisional; suplemen kesehatan; kosmetik dan pangan olahan.

Semua produk yang dijual secara online ini harus memenuhi persyaratan khasiat, keamanan dan mutu yang telah ditentukan dalam peraturan perundang-undangan. Industri farmasi, pedagang besar farmasi, dan apotek dapat menjual obat secara online menggunakan sistem elektronik sendiri, namun pedagang besar farmasi cabang hanya boleh melakukan layanan apotek online jika menggunakan sistem elektronik untuk peredaran obat secara online yang dimiliki oleh pedagang besar farmasi.

Selain menggunakan sistem elektronik sendiri, apotek online juga dapat menggunakan sistem elektronik yang disediakan oleh penyelenggara sistem elektronik farmasi (PSEF). Adapun obat-obatan yang dapat dijual secara online dalah obat-obat yang termasuk dalam kategori obat bebas, obat bebas terbatas dan obat keras.

Layaknya obat keras yang harus mendapatkan resep dokter pada apotek konvensional. Obat keras pada apotek online juga harus mendapatkan wajib resep yang ditulis pada media elektronik atau dengan mengunggah resep ke dalam sistem elektronik melalui fitur penyampaian resep elektronik dan salinan resep elektronik yang telah disediakan.

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *