CARA MENYELESAIKAN MASALAH SEHARI-HARI

Setiap orang pasti memiliki masalah dalam hidupnya. Beberapa masalah dapat kita selesaikan dengan cepat. Namun beberapa masalah juga terkadang cukup sulit untuk dilakukan.

Masalah menjadi sulit ketika nampaknya tidak ada solusi yang jelas dan strategi yang Anda coba di masa lalu tidak berhasil. Jenis masalah yang seperti ini tentu saja dapat membuat anda stres dan cemas. Berikut adalah strategi pemecahan masalah yang dapat mempermudah anda dalam menyelesaikan masalah anda sehari-hari:

  1. Apakah ada masalah? – Cara menyelesaikan masalah yang pertama harus anda lakukan adalah dengan menentukan apakah hal tersebut adalah suatu masalah atau tidak. Cara termudah mengidentifikasi suatu masalah adalah dengan memeriksa persaan anda sendiri. Buatlah daftar dari hal-hal yang membuat anda merasakan perasaan-perasaan negatif seperti stress atau tertekan. Urutkan masalah tersebut berdasarkan keuntungan yang dapat anda peroleh dengan menyelesaikan masalah tersebut. Sebagai contoh: Jika menyelesaikan masalah anda dengan rekan kerja anda dapat membuat kinerja anda menjadi lebih baik, maka masalah tersebut yang harus diselesaikan terlebih dahulu.
  2. Apa masalahnya? – Sebelum mencoba menyelesaikan suatu masalah, anda harus mulai dari mendefinisikan masalah tersebut. Mulailah dari memikirkan apa yang tidak anda sukai dari masalah tersebut? Apa yang anda inginkan? Apa yang menjadi halangan untuk menyelesaikan masalah tersebut? Hati-hati! Jangan mencampur adukan opini atau perasaan pribadi terlalu banyak dalam tahap ini. Sebagai contoh: Anda merasa pekerjaan anda berat karena bos anda brengsek. Terlalu banyak perasaan pribadi dapat membuat anda salah fokus dalam menyelesaikan masalah.
  3. Tentukan tujuan – Cara menyelesaikan masalah yang tepat dalam menentukan tujuan adalah dengan memastikan tujuan anda bersifat realistik dan spesifik. Jika tidak, kemungkinan besar anda tidak akan pernah bisa mewujudkannya. Kemudian, mulailah dari tujuan jangka pendek. Mulailah dari masalah-masalah yang bisa diselesaikan dalam jangka pendek dan memberikan keuntungan untuk anda. Setelah itu baru anda beralih ke masalah-masalah yang membutuhkan waktu dalam penyelesaiannya.
  4. Pikirkan solusinya – Kesalahan yang sering dilakukan oleh orang-orang adalah mengulang-ulang kesalahan yang sama. Jika solusi yang lama tidak berhasil, maka jangan mengulangnya dan buatlah solusi baru. Jadi buatlah banyak variasi solusi untuk masalah anda. Pastikan solusinya bersifat spesifik. Seperti misalnya, jika anda merasa boss anda terlalu banyak memberikan pekerjaan, anda dapat mencoba berdiskusi dengan bos anda. Cobalah meminta bantuan teman anda untuk membantu membuat solusi-solusi yang anda butuhkan.
  5. Laksanakan – Ini biasanya merupakan tahapan yang paling sulit. Banyak orang yang khawatir memilih solusi yang salah atau merasa solusinya kurang baik. Namun Anda harus mengetahui bahwa bertindak jauh lebih baik dari pada tidak melakukan apa-apa. Untuk membantu anda, anda dapat menyusun solusi anda ke dalam daftar langkah demi langkah. Misalnya, anda memutuskan untuk mencari pekerjaan baru, maka anda mulai dari memilih jenis pekerjaan yang anda inginkan, mencari lowongan yang sesuai dengan pekerjaan yang anda inginkan, mengirim lamaran, menyusun jadwal kerja agar anda dapat mengikuti interview jika dibutuhkan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *