Apa Yang Perlu Dipersiapkan Untuk Wawancara Kerja?

Interview pada sebuah perusahaan adalah sebuah proses yang sangat penting dalam penerimaan karyawan baru. Hal ini dikarenakan perusahaan bisa lebih jauh menggali mengenai kepribadian seseorang melalui interview yang dilakukan.

Namun banyak orang yang tidak mengetahui apa yang sebenarnya dicari oleh perusahaan pada saat sedang melakukan interview. Hal ini membuat banyak orang melakukan kesalahan-kesalahan yang tidak perlu pada saat mereka sedang berhadapan dengan pewawancara dari pihak perusahaan.

Jadi sebenarnya apa yang dicari perusahaan pada saat melakukan interview dengan anda? Pada saat perusahaan melakukan interview dengan anda , maka ada beberapa hal yang biasanya akan dicek oleh perusahaan.

Hal-hal tersebut antara lain adalah kerapian, kebersihan, kepatuhan, kecerdasan, kepribadian dan kedisiplinan. Hal-hal inilah yang akan dinilai oleh divisi hrd dari seorang calon karyawan.

Lalu apakah yang perlu anda hindari pada saat anda sedang melakukan tes wawancara di sebuah perusahaan? Hal-hal yang tidak boleh dilakukan pada saat anda akan melakukan tes wawancara di sebuah perusahaan antara lain adalah datang dengan terlambat.

Pada saat anda melakukan kesalahan yang satu ini , maka anda benar-benar mempersulit diri anda sendiri. Perusahaan tidak akan menerima karyawan yang tidak disiplin dalam hal waktu. Hal lain yang perlu anda hindari adalah salah menggunakan pakaian.

Ada banyak orang yang mengikuti tes wawancara dengan menggunakan baju yang terlalu santai ataupun baju yang terlalu formal. Anda bisa menggunakan baju kemeja yang standar untuk dipergunakan bekerja. Yang perlu anda perhatikan adalah baju tersebut harus bersih dan disetrika dengan rapi.

Hal terakhir yang tidak boleh anda lakukan adalah salah menjawab pertanyaan. Tapi tentunya anda masih bingung bagaimana cara menjawab pertanyaan wawancara dengan benar?

Oleh karena itu sebelum anda pergi menghadiri tes wawancara anda perlu mempersiapkan diri dengan matang agar anda tidak kaget menghadapi pertanyaan-pertanyaan yang diajukan.

Salah satu persiapan yang perlu dilakukan adalah mengetahui pertanyaan-pertanyaan apa saja yang sangat mungkin ditanyakan pada saat anda menghadiri tes wawancara. Untuk itu anda mungkin akan memerlukan kisi-kisi pertanyaan saat interview wawancara kerja.

Adapun hal yang paling umum ditanyakan di dalam wawancara adalah berapa gaji yang anda inginkan.  Pewawancara ingin mengetahui bagaimana cara anda menilai diri sendiri dan mengenal lingkungan kerja yang akan anda masuki.

Jika anda membeli harga kerja yang terlalu tinggi , maka pewawancara mungkin beranggapan bahwa anda tidak mengenal bidang kerja yang anda targetkan.

Jika anda mengenal bidang kerja yang anda targetkan , maka kemungkinannya anda bisa memahami potensi bayaran dari bidang tersebut.

Selanjutnya anda juga perlu mengetahui kekurangan dan kelebihan anda. Anda harus bisa menjelaskan kepada pewawancara hal-hal apa saja yang bisa diandalkan dari anda dan begitu juga hal-hal apa yang masih perlu ditingkatkan oleh perusahaan melalui serangkaian pelatihan.

Seringkali pewawancara di sebuah perusahaan menanyakan hal-hal yang terkait langsung dengan masalah teknis yang berhubungan dengan pekerjaan. Salah satu pengetahuan teknis yang paling mendasar yang biasanya ditanyakan oleh perusahaan adalah penggunaan dari beberapa software komputer.

Jika saat ini anda tidak menguasai banyak software komputer , maka peluang anda untuk diterima di sebuah perusahaan menjadi kecil.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *