TIPS MEMILIH JASA PENERJEMAH TERSUMPAH

Ketika kamu mau mengajukan beasiswa ke luar negeri, kamu tentunya akan membutuhkan banyak persyaratan dokumen yang harus dilengkapi. Persyaratan yang diajukan biasanya berupa dokumen yang ditulis dalam bahasa Inggris.

Jelas, tugas dari jasa penerjemah tersumpah adalah mentransfer bahasa dalam dokumen asli seperti transkrip dan ijazah dalam bahasa Indonesia sehingga dapat diterjemahkan ke dalam bahasa yang diinginkan, seperti bahasa Inggris.

Selanjutnya, dokumen terjemahan resmi tersebut akan dilampirkan saat mengajukan dokumen aplikasi beasiswa ke luar negeri.

Saat memilih jasa penerjemah tersumpah, hal pertama yang harus diperhatikan adalah bagaimana rekam jejak penyedia layanan tersebut. Misalnya, Anda harus melihat apakah penyedia layanan bergerak secara legal atau tidak. Selain itu, Anda juga harus mengetahui di mana alamat kantor, email, atau situs web penyedia layanan berada.

Anda juga perlu memeriksa testimonial konsumen yang telah menggunakan layanan ini. Dokumen yang diterjemahkan harus dibuktikan oleh Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia, Kementerian Pendidikan, notaris atau kedutaan.

Berikut beberapa tips untuk memesan jasa penerjemah tersumpah, antara lain:

Periksa dokumen yang diperlukan

Langkah pertama adalah memperhatikan dokumen yang harus disiapkan sesuai dengan aplikasi yang mengatur beasiswa. Perhatikan baik-baik persyaratannya, ada kemungkinan penyelenggara membutuhkan dokumen bersertifikat atau tidak.

Salinan cetak atau salinan elektronik

Selanjutnya untuk mengetahui dokumen terjemahan apa saja yang diperlukan dari penyelenggara beasiswa. Apabila dokumen tersebut berupa dokumen fisik, hard copy, non material document, atau electronic copy. Jika penyelenggara beasiswa memberikan persyaratan bahwa itu adalah salinan cetak, Anda dapat meminta penerjemah untuk mengirim terjemahan ke rumah Anda. Namun, jika salinan elektronik diminta, dokumen dapat dikirim melalui email.

Sangat penting untuk meminta salinan cetak terjemahan. Ini sangat bagus, apalagi jika batas waktu pengumpulan dokumen masih cukup lama. Mengapa saya harus memesan hard copy? Ini bahkan bisa menjadi langkah proaktif jika sewaktu-waktu pihak penyelenggara meminta hard copy untuk dikirimkan.

Referensi mohon diperhatikan

Jika tidak salah, memilih penerjemah tersumpah dan mendapatkan kualitas terbaik, Anda harus memperhatikan referensi. Ada banyak pilihan di Internet, baik dalam bentuk perorangan maupun dalam bentuk badan jasa. Jika Anda memiliki teman atau kolega yang sudah berpengalaman menggunakan layanan ini, akan lebih mudah untuk menemukan penerjemah tersumpah yang terpercaya dan kredibel.

Minta Bukti Sertifikat Mereka

Sertifikat ini merupakan jaminan atau bukti bahwa layanan tersebut diakui kualitasnya.

Lihat Sampel Terjemahan

Jika layanan tidak berisi testimonial dan referensi, maka Anda harus mencoba meminta sampel dari orang yang menggunakan layanan penerjemah tersumpah. Hal lain yang harus dilakukan adalah menguji kemampuan penerjemah terlebih dahulu, yaitu dengan memberikan beberapa bagian halaman pertama teks dan kemudian menerjemahkannya.

Itulah beberapa tips memilih jasa penerjemah tersumpah yang berkualitas dan terpercaya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *