Bagaimana Cara Memasang Panel Solar Cell Di Rumah Anda?

Solar cell adalah sistem pembangkitan tenaga listrik yang memanfaatkan energi dari sinar matahari. Sistem pembangkitan tenaga listrik seperti ini sangat ideal untuk kita yang tinggal di negara tropis seperti Indonesia.

Hal itu dikarenakan intensitas sinar matahari di Indonesia sangat tinggi dan juga hampir sepanjang tahun. Jadi energi yang bisa dihasilkan dengan penggunaan solar cell ini akan sangat besar dan bahkan bisa memenuhi kebutuhan listrik dasar rumah tangga.

Saat ini sudah banyak dijual panel tenaga listrik yang bisa memenuhi daya 1000 watt dan 2000 watt yang sangat sesuai untuk pemakaian rumah tangga. Adapun harga panel tenaga surya1000 watt dan 2000 watt ini ada di kisaran rp5.000.000 hingga belasan juta rupiah.

Namun tentunya biaya ini belum termasuk dengan biaya pemasangannya. Biaya pemasangan dari sistem solar cell sendiri tergolong cukup mahal karena memerlukan pengerjaan dan juga perhitungan. Hal inilah yang membuat banyak orang yang berusaha untuk merakit sendiri sistem solar cell di rumah mereka.

Sebenarnya bukan hal yang direkomendasikan bagi orang awam untuk merakit sendiri sistem solar cell di rumah mereka. Pemasangan solar cell seperti ini memerlukan perhitungan yang khusus dan harus mengetahui pergerakan matahari yang ada di atas langit.

Solar cell harus diletakkan di tempat yang terbuka seperti atap rumah dan tidak boleh terhalangi oleh dinding rumah tetangga ataupun pepohonan. Tentunya ini bisa menjadi masalah jika digunakan di kawasan perumahan yang padat penduduk. Terlebih jika rumah anda diapit oleh bangunan-bangunan yang lebih tinggi.

Namun seringkali kondisi tidak terlalu memungkinkan untuk menggunakan bantuan tenaga teknisi untuk memasang solar cell di rumah anda. Jika anda tinggal di kawasan pedalaman yang masih sulit transportasinya maka tentu layanan teknisi akan sangat sulit untuk mengunjungi tempat.

Jadi jika anda berada di dalam situasi yang harus melakukan sendiri pemasangan panel tenaga surya maka ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan. Hal paling pertama yang perlu diperhatikan adalah sudut dari pemasangan.

Pusat tenaga surya berada dalam posisi yang cukup rata sehingga bisa menerima paparan sinar matahari dengan optimal pada saat siang hari. Jika ternyata atap rumah anda mempunyai kemiringan yang cukup curam maka sangat direkomendasikan untuk menggunakan dudukan solar cell.

Dudukan solar cell ini bisa membantu anda untuk mendapatkan sudut yang ideal untuk pemasangan panel tenaga surya. Selanjutnya anda perlu memastikan bahwa di sekitar atap tidak terdapat pepohonan ataupun dinding rumah tetangga yang bisa menghalangi solar cell tersebut.

Ini sangat diperlukan untuk memastikan solar cell menghasilkan daya yang optimal. Ini adalah dua hal mendasar yang perlu anda lakukan untuk memastikan pemasangan solar cell bisa menghasilkan energi listrik yang anda perlukan.

Anda juga harus memahami aturan dari merangkai komponen-komponen yang tersedia di dalam paket solar cell anda. Pastikan anda meminta instruksi pemasangan yang lengkap pada saat anda membeli paket solar cell. Anda bisa memilih untuk menggunakan sistem on grid yang diperbantukan pada listrik PLN ataupun menyediakan baterai supaya bisa dipergunakan sepanjang waktu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *