5 Faktor Memilih Layanan Forwarder

Mitra forwarder yang ideal adalah orang yang berinvestasi dalam kesuksesan organisasi Anda seperti halnya Anda. Mitra yang tepat harus, bersama dengan harga yang optimal dan layanan yang efisien, juga memiliki atribut berikut:

1. Teknologi: Rantai pasokan berkembang. Hal ini menjadi digital, fungsional saling tergantung, dan sangat rumit. Seseorang tidak dapat lagi mengharapkan efisiensi operasional dengan mengikuti metode manual kuno atau dengan bekerja dalam silo. Jadi, ketika memilih mitra untuk memimpin fungsi forwarder Anda, sangat penting untuk membawa perusahaan yang memahami pentingnya mengintegrasikan titik sentuh yang berbeda dalam rantai pasokan dan fungsi dalam lingkungan digital.

Misalnya. Jika Anda mencari penyedia transportasi, periksa apakah mereka menawarkan solusi transportasi multimoda? Bagaimana mereka menerima pemesanan? Apakah mereka menawarkan platform digital untuk memesan muatan kargo? Dalam hal transportasi darat, tanyakan apakah operator mereka dilengkapi dengan GPS? Untuk semua moda transportasi, cari tahu apakah perusahaan menyediakan pelacakan kargo waktu nyata?

Demikian pula, jika Anda mencari mitra gudang, periksa apakah mereka memiliki peralatan terbaru untuk menangani inventaris. Cari tahu bagaimana mereka menyimpan catatan stok. Tanyakan apakah sistem mereka dapat diintegrasikan dengan Anda?

Poin lain yang harus Anda pastikan adalah kecerdasan teknologi tim. Khususnya tim di lapangan. Apakah tim mereka dilatih untuk bekerja di lingkungan digital? Bisakah mereka beradaptasi dengan sistem dan proses baru dengan mudah?

Jika itu adalah perusahaan manajemen forwarder ujung ke ujung yang ingin Anda mitrakan, maka bersama dengan semua aspek di atas, Anda juga perlu memahami bagaimana mereka mengintegrasikan berbagai fungsi forwarder dalam organisasi mereka dan bagaimana teknologi mereka dapat disinkronkan dengan proses dan sistem organisasi Anda.

2. Ketajaman Pasar: Mulai dari manajemen puncak hingga tim yang akan menangani kegiatan sehari-hari untuk organisasi Anda, harus memiliki pemahaman tentang industri dan pasar tempat Anda beroperasi. Wawasan ini akan membantu mereka melayani Anda dengan lebih baik , yang pada gilirannya akan menguntungkan pelanggan akhir Anda.

3. Jangkauan dan Skala Bisnis: Global adalah lokal baru. Mitra forwarder adalah kontributor utama dalam memastikan bahwa produk Anda menjangkau pelanggan di seluruh dunia dengan upaya minimal, tepat waktu, dan dalam kondisi baik (dapat dijual).

Skala operasi adalah aspek penting lain yang perlu Anda pertimbangkan saat bermitra dengan penyedia layanan forwarder. Pahami rencana pengembangan bisnis mereka. Apakah mereka dapat melayani pertumbuhan bisnis Anda? Bisakah mereka mengelola permintaan yang didorong oleh pasar secara tiba-tiba? Jika seandainya mereka sendiri tidak memiliki kemampuan untuk melayani perdagangan yang tidak direncanakan, apakah mereka memiliki jaringan mitra bisnis tepercaya yang dapat memberikan dukungan yang diperlukan?

4. Etika Bisnis: Asumsikan teknologi, sistem, dan proses sudah ada. Harganya kompetitif dan timnya luar biasa. Apakah ini cukup untuk menunjuk organisasi ini sebagai mitra bisnis Anda?

Tidak. Mengingat pentingnya peran forwarder dalam mensukseskan bisnis Anda, selain efisiensi operasional, Anda juga harus melakukan uji tuntas terhadap etika kerja dan praktik bisnis mereka. Ini melampaui pemeriksaan kredit dan KYC biasa.

Sebelum menandatangani di garis putus-putus, carilah jawaban atas pertanyaan-pertanyaan berikut – apakah transaksi dan transaksi mereka transparan? Apakah mereka dapat diandalkan? Apa reputasi mereka di pasar? Bagaimana mereka memperlakukan sumber daya mereka dan mengelola tim mereka? Bagaimana mereka mengatur keuangan mereka? Apakah mereka mengikuti praktik terbaik industri? Dan, dalam hal penyedia transportasi – apakah mereka mengikuti aturan yang ditetapkan untuk operator dan pengemudi?

Penting untuk melakukan pemeriksaan kebersihan untuk mitra bisnis, karena dalam jangka panjang reputasi dan kedudukan mereka di pasar akan mempengaruhi Anda juga.

5. Ketanggapan terhadap Kebutuhan Bisnis: Layanan pelanggan adalah faktor kunci lain yang perlu dinilai sebelum bermitra dengan penyedia layanan forwarder.

Sebelum Anda menyelesaikan vendor, cari tahu apakah tim layanan pelanggan mereka bersedia bekerja lebih keras untuk menemukan solusi paling optimal untuk bisnis Anda? Apakah tim proaktif? Bisakah mereka mengambil alih kepemilikan proses bisnis yang dialihdayakan kepada mereka? Dapatkah mereka meramalkan masalah dan berupaya menemukan solusi paling optimal untuk bisnis Anda?

Tim layanan pelanggan yang berdedikasi diperlukan untuk memastikan keberhasilan manajemen dan pelaksanaan rencana forwarder.

Ingatlah atribut utama ini ketika Anda ingin menunjuk mitra forwarder. Ini akan membantu Anda menyingkirkan mitra yang mungkin tidak dalam posisi untuk menawarkan dukungan forwarder yang Anda butuhkan untuk mengembangkan bisnis Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *