Pertimbangan Sebelum Membeli Jembatan Timbang Truk

Saat memutuskan bahwa Anda memerlukan jembatan timbang truk, Anda harus membentuk tim yang bertanggung jawab atas keputusan tersebut. Tim ini akan bertanggung jawab, antara lain, untuk langkah-langkah berikut:

Mengevaluasi dan memilih pemasok skala truk: cari beberapa pemasok potensial dan persempit daftar menjadi dua atau tiga pemasok. Kemudian, mintalah pemasok tersebut untuk membawa Anda ke tempat-tempat yang memiliki jembatan timbang truk dengan karakteristik yang sama seperti yang diusulkan, sebaiknya dipasang beberapa waktu lalu.

Ini akan memberi Anda gambaran tentang pengalaman berbelanja yang sebenarnya. Ambil kesempatan untuk bertanya tentang perawatan yaitu frekuensi perawatan preventif. Tanyakan juga tentang penahanan yang tidak direncanakan, yaitu apakah ada kebutuhan untuk mengganti sel beban, dan berapa lama biasanya berhenti.

Juga selidiki waktu untuk kalibrasi dan/atau verifikasi. Terakhir, bandingkan penawaran yang Anda miliki, yaitu item/layanan mana yang termasuk dalam harga akhir.

Ukuran timbangan truk: jika Anda perlu menimbang truk secara lengkap, jembatan timbang truk harus cukup panjang untuk semua roda truk. Ini berarti panjang biasanya antara 18m dan 21m untuk semi-trailer dan hingga 30m untuk truk dengan trailer ganda.

Panjang maksimum truk biasanya ditentukan oleh otoritas regional atau nasional yang kompeten. Sedangkan untuk lebarnya, biasanya lebar 3m sudah cukup. Jika Anda membutuhkan skala truk yang lebih luas, ada kemungkinan untuk mendapatkan yang lebih luas. Barbal ® menawarkan versi dengan lebar yang lebih besar berdasarkan permintaan.

Ada 3 jenis konfigurasi yang mungkin untuk jembatan timbang truk. Anda harus mempertimbangkan semua pro dan kontra dari setiap opsi dan memilih opsi yang paling sesuai untuk bisnis Anda.

  1. Jembatan timbang truk gandar: digunakan untuk menimbang kendaraan gandar demi gandar, dengan menjumlahkan total berat kendaraan pada akhirnya. Banyak pelanggan memilih jenis timbangan ini karena alasan ekonomis. Namun, mereka kurang akurat.
  2. Jembatan timbang truk lengkap: platform biasanya terdiri dari beberapa modul yang terhubung bersama dan cukup panjang untuk menerima truk lengkap. Ini adalah jenis timbangan truk yang paling umum, mengingat kebutuhan akan sertifikasi untuk perdagangan legal.
  3. Jembatan timbang truk multi-gandar: sangat mirip dengan jembatan timbang truk lengkap, tetapi dengan perbedaan substansial. Alih-alih modul yang saling berhubungan, setiap modul atau set modul memiliki kumpulan sel bebannya sendiri, memungkinkan Anda untuk melihat berat setiap gandar atau set gandar yang telah ditentukan, serta berat truk lengkap. Ini adalah solusi yang paling mahal, karena membutuhkan sel beban tambahan dan komponen lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *